daerah  

Solidaritas Warga bantu PT Vale Percepat Pemulihan Dampak Kebocoran Pipa di Towuti

banner 120x600
banner 468x60

TOWUTI,Kolakanews – Upaya pemulihan dampak kebocoran pipa minyak di Kecamatan Towuti sejak 23 Agustus 2025 berjalan semakin progresif berkat keterlibatan aktif masyarakat yang bersinergi dengan PT Vale Indonesia.

Hingga hari ke-11,ratusan warga dari enam Desa terdampak ikut membantu melakukan pembersihan di aliran sungai, drainase, hingga lahan pertanian.

banner 325x300

Keikutsertaan warga dari beberapa Desa terdampak sebagai wujud kepedulian dalam penanganan dan percepatan pembersihan sisa-sisa minyak akibat kebocoran pipa yang terjadi.

Keepedulian warga itu membuat PT Vale memastikan keselamatan seluruh masyarakat yang terlibat dengan menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standar keselamatan serta menyiapkan posko kesehatan di lokasi.

Kepala Dusun Molindowe, Yusperlin Hanteka,yang turut serta dalam pembersihan itu menjelaskan kondisi aliran air kini menunjukkan progres positif.

“Masyarakat merespons dengan baik kegiatan bersih-bersih ini dan siap membantu sampai tuntas. Kami percaya PT Vale mampu menjaga lingkungan dan berkomitmen melakukan pemulihan menyeluruh,” katanya.

Dalam kondisi itu PT.Vale yang berkomitmen membantu warga masyarakat terdampak menerima aduan salah satu warga terkait hewan ternak dengan memberikan penanganan segera melakukan pemeriksaan hewan ternak warga terdampak hingga penanganan lainnya.

Head of External Relation PT Vale Indonesia,Endra Kusuma,menjelaskan sinergi masyarakat, pemerintah, dan perusahaan adalah kunci percepatan pemulihan dan memberikan apresiasi kepada warga Desa terdampak yang turut serta dalam penanganan pemulihan lingkungan.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat dan pemerintah setempat yang telah menunjukkan kepedulian luar biasa. PT Vale berkomitmen melakukan pemulihan dengan prinsip transparansi, tanggung jawab, serta memastikan keberlanjutan lingkungan dan keselamatan masyarakat,” jelas Endra.

PT Vale terus membuka Posko Pengaduan dan Informasi di Kantor Camat Towuti serta hotline 24 jam untuk menerima, memverifikasi, dan menindaklanjuti aduan masyarakat.

Mekanisme grievance ini menjadi salah satu instrumen penting dalam memastikan penanganan dampak berjalan menyeluruh, adil, dan tepat sasaran.

Melalui kolaborasi erat dengan masyarakat dan pemerintah, PT Vale optimistis proses pemulihan dapat berjalan cepat dan efektif, sekaligus memperkuat ketangguhan komunitas Towuti dalam menghadapi tantangan di masa depan.

” Kami optimis dengan kolaborasi warga masyarakat dan stakeholder lainnya penanganan lingkungan ini bisa segera teratasi dengan baik dan komitmen perusahaan akan melakukan yang terbaik bagi warga Desa terdampak,” ungkap Endra.(**)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *